Objek grafik 2 dimensi adalah sekumpulan titik-titik
2 dimensi yang dihubungkan dengan garis lurus, baik berupa polyline, polygon
atau kurva. Objek grafik 2 dimensi didefinisikan sebagai kumpulan titik 2
dimensi yang secara komputasi dinyatakan sebagai array 1D, atau linkedlist
sesuai dengan struktur data yang digunakan dalam menyatakan kumpulan titik 2D
ini.
Objek grafik dimensi juga adalah gambar 2 dimensi
yang sumbu x dan sumbu y, atau sumbu
koordinat cartesius dua dimensi. Dua sumbu yang saling bertegak lurus antar
satu dengan yang lain, yang keduanya terletak dalam satu bidang (bidang xy).
Karakteristik pada grafik komputer 2D yaitu biasanya
terlihat dari tampilan gambarnya yang datar (flat) dan tidak beruang (perspektif).
Kemudian tampilannya berupa struktur garis. Frame layar tampilannya pun
terbatas. Obyek gambar disajikan dalam dalam sumbu x dan y.
Sedangkan Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi
gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua
dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga
disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi
matematika, dan sebagainya. Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan
dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi,
dan dilatasi.
Model-model
yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk
tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan,
bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat
membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang
dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan
dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
Macam-Macam objek 2D :
o Line
o Circle
o Arc
o Polygon
o Text
o Section
o Rectangle
o Ellips
o Donut
o Star
o Helix
Dari macam-macam objek 2d ini saya akan membahas 3
macam:
Circle atau lingkaran adalah object 2 dimensi yang memiliki ukuran diameter dan jari-jari. Circle atau lingkaran merupakan kumpulan titik-titik yang tak berhingga dan saling berhubut.
2. Line
Objek line/garis adalah objek salah satu
2 dimensi yang sangat mendasar dan sering digunakan untuk perancangan gambar
kerja. Line berasal dari 2 titik yang saling terhubung.
3. Polygon
Polygon
adalah suatu fungsi yang mirip dengan polyline, hanya sajahasilnya adalah kurva
tertutup. Pada polygon digunakan konsep array dalam menyatakan objek 2D
sebagaikumpulan titik 2D. Polygon digunakan untuk merepresentasikan objek-objek
dua dimensi.
Keuntungan Objek
2D :
1.
Kemudahan dalam
membuat gambar
2.
Tidak memerlukan
waktu banyak untuk meresource
Kerugian Objek
2D :
1.
Gambar hanya
terlihat biasa.
2.
Belum
mengimplementasikan ke dalam bentuk 3D
3.
Ukuran tidak
menggunakan kedalam antara viewer dengan object
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !