Orang boleh pandai setinggi Langit, tapi selama ia tak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat (Pramoedya Ananta Toer)

Data Flow Diagram

Selasa, 08 Januari 2013


Pada postingan kali ini saya ini memaparkan sebuah contoh studi kasus dari Power Designer Process Analyst. Secara garis besar Power Designer Process Analyst merupakan suatu sofware yang digunakan untuk merencanakan suatu kejadian, misalnya pada suatu proyek besar, atau lebih singkatnya untuk Data Flow Diagram. Dan DFD ini merupakan salah satu tugas saya didalam Semester 3 pada matakuliah Sistem Informasi. Awalnya saya juga tidak begitu paham akan matakuliah ini, maka dari itu pada postingan kali ini saya ingin sharing pada readers sekalian. Benar atau salahnya mohon untuk dimaklumi, karena kita disini sama-sama belajar. Okeh selamat membaca J

Studi Kasus
Sebuah Universitas berupaya meningkatkan layanannya dengan mengembangkan sistem informasi KHS online. Spesifikasi SiKHS:
·         Mampu melayani permintaan cek nilai dari mahasiswa
·         Menyediakan autentikasi bagi mahasiswa dan dosen
·         Melayani permintaan cetak/unduh nilai KHS
·         Menyediakan halaman untuk entry nilai bagi dosen

Untuk memudahkan analisis SiKHS, pihak universitas menyewa Anda untuk memodelkan Diagram Konteks, DFD Level 1, dan DFD Level 2 dari salah satu proses (sembarang).



A.       DFD Level 0 (Diagram Konteks)
Keterangan Diagram Konteks:
Dalam diagram konteks diatas, terdapat Sistem Informasi KHS (SiKHS) yang menyediakan beberaa fitur, yaitu: Login bagi mahasiswa, autentifikasi bagi mahasiswa dan dosen, termasuk memasukkan nilai bagi dosen, mahasiswa juga dapat meihat atau mengechek nilai nya, serta mengunduh atau cetak KRS.




A.    DFD Level 1
Keterangan Diagram DFD Level 1:
Pada DFD level 1, merupakan dekomposisi dari diagram konteks sebelumnya. Dalam DFD level 1 ini terdapat 4 proses, yaitu  Memasukkan Data KRS, Mengambil matakuliah, Mengolah nilai, dan Menampilkan KHS. Selain itu terdapat 2 buah data store, yaitu Data_KRS dan Data KHS. Alur pertama, mahasiswa login setelah login mahasiswa memasukkan data matakuliah pada KRS, data tersebut akan disimpan dalam data store Data KRS. Info tersebut digunakan untuk proses mendaftar mata kuliah bagi dosen. Setelah mendapatkan laporan matakuliah dosen dapat mengolah nilai mahasiswa dan memasukkan nilai tersebut dalam data store Data KHS. Data yang disimpan dalam data store tersebut diolah agar bisa dicetak atau diunduh oleh mahasiswa.



B.     DFD Level 2

Keterangan DFD Level 2:
DFD level 2 ini merupakan dekomposisi dari proses 1.1 Memasukkan KRS. Dalam DPD ini terdapat 3 proses, yaitu Mengisi KRS, Menyimpan KRS, Mengkonfirmasi Data KRS, dan satu data store yaitu Data KRS. Alur dari DFD ini adalah mahasiswa login, setelah itu mengisi KRS dan hasil isian krs tersebut disimpan dalam sebuah data store, Data KRS. Selain itu, setelah menyimpan, data krs terseb ut dikonfirmasi pada mahasiswa.


Share this article :

5 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai data flow diagram DFD, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6040/1/pp.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    Balas

    BalasHapus
  2. makasih :) ikutan gabung ke blog keseharian aku juga ya "yuliechuak.blogspot.com" buat share lebih banyak lagi tentang beberapa hal

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2011. Indrie's Site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger