PENGGUNAAN YOUTUBE
EDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Dan OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA MENENGAH
PERTAMA
Indri Widyarti
Abstrak
Dunia
pendidikan di Indonesia berkembangan dengan pesatnya seiring dengan
perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Pendidikan masa kini telah
merambah ke pendidikan berbasis “cyber”
atau dunia maya. Unsur terpenting dalam pendidikan masa kini adalah bagaimana
pesan yang berisi Life Skill tersebut
mendarat dengan baik di benak peserata didik, sehingga peserta didik dapat
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan pembelajaran seperti inilah yang
dikenal dengan nama Pembelajaran erbasis Information and Communication
Technology. Peran TI yang semakin pesat juga dapat mendorong para tenaga
pendidik untuk memperbaiki kualitas pendidikannya untuk lebih baik lagi. Ini
didukung dengan adanya teknologi hadware yang dapat digunakan untuk membuat
materi pembelajaran. Selain itu guru juga perlu menerapkan strategi
pembelajaran dengan pendekatan tertentu, menggunakan media pembelajaran, untuk
memotivasi para siswa agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.
Hal ini merupakan implementasi teori Bloom yang mengemukakan tiga faktor utama
yang mempengaruhi hasil belajar, yaitu kemampuan kognitif, motivasi berpestasi
dan kualitas pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru perlu memahami gaya
belajar siswa yang pada umumnya ada 3 macam yaitu visual, audiotorial dan
kinestetik.
Untuk itu
dalam penyampaian materi pembelajaran agar berjalan secara efektif dan efisien
maka dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dalam penyampaian suatu
pembelajaran tersebut memberi banyak kemudahan untuk para siswa menerima atau
memahami materi. Youtube EDU merupakan salah satu metode pembelajaran baru yang
dapat diterapkan, karena Youtube EDU ini menggabungkan kemajuan teknologi video
secara online, sehingga kita dapat mencari berbagai penerapan disiplin ilmu
yang kita pelajari hanya dengan memasukan keyword
saja dan dengan menggandalkan infrastruktur yang sudah ada di sekolah-sekolah
yaitu Wifi, kemudian setelah kita memasukkan
keyword tersebut maka akan muncul berbagai video dari berbagai Universitas
bahkan sekolah-sekolah yang ternama di dunia dan penerapan displin ilmu yang
ingin kita cari akan sangat mudah kita dapatkan di dalam Youtube Edu tersebut.
Pendahuluan
Proses belajar mengajar antara pelajar dengan para
pengajar sangatlah penting dalam mencapai tujuan yang di ingikan dari
kedua belah pihak. Pengajar sangat diharapkan dapat memberikan segala ilmu yang
di ajarkan kepada murid, sedangkan murid diharapkan juga menyerap apa yang
telah di sampaikan pengajar. Dalam proses kegiatan belajar mengajar tersebut
terkadang terdapat berbagai kendala dalam hal pemahaman terhadap suatu materi. Dalam
dunia pendidikan memahami akan materi yang disampaikan adalah mutlak harus
dipenuhi. Seorang pelajar wajib mengerti akan materi yang diajarkan tidak hanya
sekedar tahu akan materi yang telah di sampaikan. Seiring perkembangan zaman
metode pembelajaran harus memiliki inovasi dan tidak terlihat hidup monoton
(tetap). Salah satunya adalah metode pembelajaran melalui video pada situs Youtube
Edu. Banyak hal yang tidak dapat kita pahami begitu saja dengan media
pembelajaran yang hanya di lakukan tanpa ada contoh yang spesifik mengenai
proses, penyebab dan penjelasan. Oleh karena itu media pembelajaran dengan
menggunakan video di Youtube Edu ini di harapkan dapat membantu meningkatkan
pemahaman dan minat belajar bagi siswa SMP. Disamping itu, sudah
saatnya bagi para pendidik untuk memanfaatkan Youtube Edu sebesar-besarnya. Bukan hanya untuk mencari video, namun
juga untuk mengunggah video-video yang dapat membantu siswa dalam memahami
pelajaran. Upaya optimalisasi Youtube dalam dunia
pendidikan dengan demikian dapat dilakukan dalam dua cara, pertama, youtube dapat digunakan untuk mencari dan mengunduh
video-video yang relefan dalam proses pembelajaran, kedua (dan ini yang ingin saya tekankan), melalui youtube para
pendidik sudah saatnya ikut berpartisipasi dalam mengisi kontain di youtube
dengan berbagai video pembelajaran.
Para guru perlu
mengembangkan berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah video
sebagai media pembelajaran. Mulai dari melakukan analisis kurikulum untuk
menentukan materi apa saja yang tepat dikembangkan menggunakan video,
keterampilan mengambil gambar (shooting), keterampilan mengedit video (video
editing), hingga teknik upload di Youtube Edu. Seluruh keterampilan tersebut
bukan keterampilan yang sulit, ia hanyalah keterampilan yang butuh untuk
dipelajari dan digunakan. Jika proses ini dikerjakan, maka kita akan melihat
bahwa chanel di youtube akan diisi oleh berbagai kontain yang memiliki nilai
yang tinggi. Bukan sekedar tayangan-tayangan yang tidak ada gunanya atau bahkan
menjurus pada pornografi dan atau porno aksi.
Bagian
Inti
Dalam perkembangan zaman dan teknologi sungguh sangat mempengaruhi
dalam dunia pendidikan. Banyak media-media pembelajaran yang ada sehingga dapat
meningkatkan pemahaman dalam proses belajar. Menurut nursalam (2008) penetapan
pemilihan metode yang tepat seharusnya mempertimbangkan aspek yang ingin
dicapai,yaitu mengacu pada garis besar program pembelajaran yang dibagai
menjadi dua jenis :
1.
Proses pembelajaran mampu
mendorong peserta didik menata dan mengisi pengalaman baru dengan berpedoman
pada masa lalu yang pernah dialami. Contoh: latihan tanya jawab,wawancara,
konsultasi, latihan kepekaan dll.
2.
Proses pembelajaran yang
dirancang untuk meningkatkan transfer pengetahuan baru,pengalaman
baru, dan ketrampilan baru sehingga dapat mendorong masing-masing meraih
semaksimal mungkin ilmu pengetahuan yang diinginkannya, apa yang menjadi
kebutuhannaya, serta keterampilan yang diperlukan. Contoh: belajar menggunakan
komputer.
Dengan menggunakan media pembelajaran yang
ada sekarang tentunya tingkat pemahaman dan proses pembelajaran akan materi yang
di sampaikan akan meningkat. Salah satunya kita dapat menggunakan sarana
pemanfaatan komputer dan internet dengan mengakses situs-situs pembelajaran
guna menambah wawasan yang luas dan membuka cakrawala ilmu. Banyak sekali media
pembalajaran online untuk menambah wawasan pelajar,misalnya: blog,e-learning
serta youtube. Dengan banyaknya media pembelajaran online di harapkan para
pengajar mampu untuk memanfaatkan media pembelajaran tersebut dan juga
mengembangakan kreatifitas para pelajar.
Penggunaan Youtube Edu sebagai media pembelajaran dan
optimalisasi minat belajar siswa SMP berlandaskan kepada model pembelajaran
konvensional yang sudah diterapkan sebelumnya, yang ternyata kurang efisien
dalam meningkatkan minat belajar siswa. Ini dibuktikan dengan banyaknya peserta
didik yang masih sering lupa dengan materi yang telah diterangkan oleh tenaga
pengajar, karena banyak yang mengungkapkan bahwa apabila guru sedang
menerangkan dengan metode konvensional siswa menjadi cepat bosan dan mengantuk.
Ini membuktikan bahwa metode pembelajaran secara konvensional ini sudah tidak
efisien dan efektif lagi dalam pembelajaran.
Untuk itu dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, khususnya
dalam bidang komputerisasi dan internet telah mengubah cara pandang secara praktis
dan efisien pada masyarakat di dunia pada umumnya. Dengan kemajuan itu semua
orang menjadi dengan mudahnya mencari informasi dari berbagai belahan dunia.
Untuk itu informasi menjadi sangat penting dalam rangka memajukan pendidikan.
Pada dunia pendidikan itu sendiri peran komputer dan internet juga sangat
penting dalam pembaruan materi ajar yang sudah ada, selain itu dengan itu juga
kita dapat mencari data-data atau informasi untuk menambahkan bahan materi yang
sudah ada agar cakupannya lebih luas lagi. Salah satu kemajuan teknologi dalam
bidang pendidikan di dunia maya adalah
dengan adanya Youtube Edu yang berisi berbagai video-video yang menunjang dalam
bidang pendidikan karena terdapat ribuan bahkan jutaan video yang dapat
menunjang proses pembelajaran didalam kelas. Dan dengan ini memungkinkan bagi
siswa untuk lebih antusias dalam belajar karena siswa disuguhkan suatu video
yang berupa animasi (gambar) yang menarik sehingga perhatian siswa akan tertuju
pada video tersebut dan minat (antusias) para siswa akan bertambah lagi dengan
adanya itu semua.
Metode pembelajaran yang berbasis internet juga pernah
ditawarkan yaitu dengan adanya model pembelajaran Blog atau metode pembelajaran
berbasis E-Learning. Dalam
pembelajaran berbasis Blog ini situs web seperti ini biasanya dapat diakses
oleh semua pengguna internet. Biasanya format yang terdapat dalam Blog
tersebut adalah Ms. Word, Writer, dll. Akan tetapi cara ini masih kurang
efektif, karena model pembelajaran ini masih sama saja dengan model
pembelajaran konvensial yang menuntut siswa untuk membaca dan terpaku pada
teks. Dan itu sangat menjadi penghambat apabila peserta didik tersebut
mempunyai sedikit minat dalam membaca.
Setelah kita mengkaji itu semua, salah satu solusi yang
ditawarkan untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP di dalam kelas adalah
dengan mengganti model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran yang
berbasis audiovisual yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dan internet. Itu
semua dapat diwujudkan dengan adanya model pembelajaran Youtube Edu. Melalui
Youtube Edu ini siswa dapat melihat, mendengar, dan memahami suatu materi
melalui suatu video yang diakses secara online. Selain itu Youtube Edu memiliki
beberepa kelebihan dalam media pembelajaran, diantaranya:
1.
Potensial yaitu Youtube merupakan situs yang paling poluper di dunia internet saat ini
yang mampu memberikan edit value terhadap education/pendidikan dan merupakan
situs ke-2 yang paing sering dikunjungi di dunia.
2.
Praktis, artinya Youtube
mudah digunakan dan dapat diikuti oleh semua kalangan termasuk siswa dan guru dan sangat cocok
dalam interaksi pembelajaran di dalam kelas.
3.
Informatif, yaitu Youtube
memberikan informasi tentang perkembangan ilmu pendidikan, teknologi,
kebudayaan, dll
4.
Interaktif, yaitu Youtube memfasilitasi
kita untuk berdiskusi ataupun melakukan tanya jawab bahkan mereview sebuah
video pembelajaran.
5.
Sheareable yaitu Youtube Edu memiliki fasilitas link
HTML, Embed kode video pembelajaran yang dapat di share di jejaring sosial seperti facebook, twitter dan juga
blog/website dan akan memudahkan kita juga apabila kita mengunduh video yang kita
butuhkan untuk pemeblajaran di dalam kelas nantinya.
6.
Ekonomis yaitu youtube gratis untuk semua kalangan.
Di dalam Youtube Edu ini juga terdapat suatu
perpustakaan video yang menyimpan kumpulan-kumpulan video berbagai jenis mata pelajaran. Kemudian apabila kita
memilih satu video, kemudian video tersebut akan langsung diputarkan dan kita
bisa langsung melihat penerapan ilmu yang sedang kita pelajari dari
materi-materi yang sudah ada di dalam buku panduan. Misalnya saja kita
memainkan video tentang bagian-bagian tubuh manusia, kemudian apabila kita
meng-klik bagian kepala dalam video tersebut maka video tersebut akan langsung
berubah menjadi video yang membahas tentang bagian-bagian kepala yang lebih
terperinci lagi beserta penjelasan bagian-bagian dan fungsi dari beberapa
jaringan yang terdapat dalam kepala tersebut.
Pembelajaran
dengan menggunakan metode Youtube Edu ini mungkin akan sangat efisien dan
efektif. Apalagi model pembelajaran ini tidak menghilangkan peran guru sebagai
tenaga pendidik. Peran tenaga pendidik dalam model pembelajaran ini masih tetap
ada yaitu dengan memberikan pertanyaan – pertanyaan tentang video-video yang
telah dimainkan tersebut. Itu semua dilakukan untuk merangsang dan menguji
kemampuan ingatan dan minat para siswa dalam setiap pembelajaran.
Dampak yang akan ditimbulkan dari model
pembelajaran Youtube Edu
Media pembelajaran audiovisual seperti video ini sangat efektif
dapat menarik perhatian siswa dan akan membuat siswa lebih bersemangat dalam
belajar. Karena dengan menggunakan model pembelajaran ini siswa tidak akan
jenuh lagi dengan proses pembelajaran yang hanya monoton saja seperti yang
hanya mencatat dan mendengarkan guru menerangkan didepan kelas. Dengan model
pembelajaran ini pula pendidik menjadi
mampu memvisualisasikan materi yang selama ini sulit untuk diterangkan
yang hanya sekedar dengan penjelasan atau alat peraga saja.
Akan tetapi,model pembelajaran ini
juga mempunyai beberapa kelemahan yakni setiap siswa harus memiliki sebuah
laptop pribadi, dan infrastruktur (fasilitas) sekolah juga
harus memadai juga yaitu dengan adnya koneksi WiFi
disetiap ruangan. Untuk masalah laptop pribadi bagi siswa tersebut dapat
ditanggulanggi dengan penyedian LCD pada setiap kelas, sehingga pembelajaran
dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien lagi.
Penutup
Dari semua
uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP
di dalam kelas, seorang guru harus selalu memberikan inovasi-inovasi atau
hal-hal yang baru dalam setiap materi pembelajarannya. Penerapan sistem
pembelajaran Youtube Edu merupakan salah satu solusi yang bisa diterapkan,
karena di dalam Youtube Edu berisi banyak
video-video dari semua mata pelajaran yang dikumpulkan dari berbagai sekolah
maupun Universitas dan kita dapat mengetahui suatu hal yang sangat terperinci
hanya dengan mengklik suatu bagian dari video tersebut, kemudian melalui Youtube Edu tersebut kita
juga dapat melihat suatu contoh kongkrit
dari pembelajaran yang telah diberikan oleh guru di dalam kelas pada beberapa
disiplin ilmu misalnya Biologi. Tidak hanya itu melalui Youtube Edu ini
pengalaman belajar yang akan diperoleh oleh siswa akan lebih maksimal lagi,
pasalnya para siswa dapat mengetahui penerapan disiplin ilmu yang
dipelajari secara langsung melalui
Youtube Edu ini, sehingga proses pembelajaran akan menjadi lebih optimal dan
efisien. Dan apabila dibandingkan dengan penerapan sistem pembelajaran
konvensional, penerapan sistem pembelajaran dengan menggunakan Youtube Edu jauh
lebih efektif dan efisien, karena siswa tidak dibebani dengan pembelajaran yang
hanya mendengarkan dan mencatat saja, akan tetapi disini para siswa dituntut
untuk lebih aktif dan kreatif dalam menanggapi suatu permasalahan atau
penerapan disiplin ilmu yang telah ditayangkan dalam bentuk suatu video di
dalam Youtube Edu tersebut dan semakin abstrak perlakukan dalam
pembelajaran, misalnya saja seorang guru yang berceramah didepan kelas, belajar dengan
membaca saja maka pengalaman belajar yang diperoleh tidak terlalu besar artinya
siswa akan lebih cepat lupa dengan materi yang telah diajarkan,
sebaliknya semakin menggunakan
media yang mengarahkan pada kegiatan
langsung maka pengalaman belajar
akan diperoleh akan lebih maksimal lagi.
Daftar Rujukan
Husnaini. 2011. Metode
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. (Online) (http://hoesnaeni.wordpress.com/2011/11/16/metode-pembelajaran-berbasis-teknologi-informasi-dan-komunikasi).
Diakses tanggal 2 Desember 2012 pukul 19.00 WIB.
Mustafa. 2007. PerkembanganTeknologi.
(Online) (http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/web-basedmedia/berita-119-perkembangan-teknologi.html).
Diakses tanggal 2 Desember 2012 pukul 19.00 WIB.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum
dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wikipedia.2010. Pendidikan
Berbasis Teknologi. (Online) (http://id.wikipedia.org/wiki
/pendidikan-berbasis-teknologi). Diakses tanggal 2 Desember 2012 pukul 19.00 WIB.
Zahra, Alfian.2011. Youtube Edu Sebagai Media Pemahaman Dalam Pembelajaran. (Online)(http://alfianz93.blogspot.com/2011/12/youtube-edu-sebagai-media-pemahaman-dalam.html). Diakses tanggal 2
Desember 2012 pukul 19.00 WIB.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !