Orang boleh pandai setinggi Langit, tapi selama ia tak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat (Pramoedya Ananta Toer)

Program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran

Senin, 11 Juni 2012


Pada postingan kali ini saya akan membagi  beberapa ilmu yang saya dapatkan pada mata kuliah Praktikum Dasar Pemrograman Komputer yang saya ambil di semester 2 ini. Dan dalam postingan kali ini saya  berbagi ilmu atau info tentang cara membuat program untuk menghitung luas dan keliling  lingkaran dengan menggunakan Software Microsoft Visual Studio.  Berikut ini adalah source code yang pernah saya buat,
Check this out...
# include <stdio.h> 
void main() 
{   
struct 
{
float jari;
float keliling; 
float luas; 
}

lingkaran; 
printf("Masukkan Jari-jari Lingkaran: ");
scanf("%f",&lingkaran.jari);  
lingkaran.keliling = 2*3.14259*lingkaran.jari;  
lingkaran.luas = 3.14259*lingkaran.jari*lingkaran.jari; 
printf("\nKeliling Lingkaran    =%g\n",lingkaran.keliling); 
printf("Luas Lingkaran        =%g\n",lingkaran.luas);
 
 lalu setelah kita Compile, hasilnya akan tampak sebagai berikut ini:

 

Jadi, kesimpulan yang bisa kita ambil dari program tersebut adalah pada saat eksekusi program ini, pertama kali program akan meminta kita untuk memasukkan nilai jari-jari lingkaran. Kemudian program akan melakukan pemrosesan dan program akan langsung menampilkan hasil dari  keliling dan luas suatu lingkaran berdasarkan jari-jari yang kita input tadi. Keliling lingkaran didapat dari 2*3.14259*lingkaran.jari dan luas lingkaran didapat dari 3.14259*lingkaran.jari*lingkaran.jari.
            Pada program ini menggunakan deklarasi struktur. Cara mendeklarasikan struktur  ini adalah dengan menggunakan  kata  kunci  struct. Kemudian cara pendeklarasian struktur ini dituliskan dengan:
Struct nama_struct
{
anggota_struktur ;
} ;
Daftar pernyataan variable yang disebut anggota, terlampir dalam tanda kurung { }. Tiap pernyataan anggota dan struktur harus berakhir dengan semicolon ( ; ).  Kemudian untuk mengakses anggota struktur dilakukan dengan menggunakan bentuk:
variabel_struktur.nama_anggota.

itulah beberapa informasi yang dapat saya sharing.kan pada kali ini,, semoga bisa menjadikan rujukan atau bantuan bagi semuanya yang membtuhkan informasi.  ( ื▿ ืŹƒĘŖ)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. Indrie's Site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger