Orang boleh pandai setinggi Langit, tapi selama ia tak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat (Pramoedya Ananta Toer)

Persiapan dan Kebutuhan Dalam Melakukan Perakitan Komputer

Selasa, 11 Februari 2014


Selalu ada pertanyaan yang terlintas di benak seseorang tentang konfigurasi komputer ini. Mengapa komputer harus dikonfigurasikan terlebih dahulu?????? Apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap adanya proses konfigurasi komputer????? Bagaimanakah cara dan proses dalam melakukan konfigurasi komputer sebelum melakukan perakitan komputer???
Nah,, disini saya akan menjelaskan tentang proses konfigurasi komputer beserta persiapan dan kebutuhan apa sajakah yang harus dilakukan dalam perakitan komputer. So check this out J

    A.  Konfigurasi Komputer
          Konfigurasi komputer ini dilakukan untuk menentukan beberapa komponen yang diperlukan sebelum  melakukan perakitan komputer. Konfigurasi tersebut dilakukan antara lain untuk penentuan:
1.       Berkaitan dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan.
2.      Penentuan komponen yang dimulai dari jenis prosessor, motherboard, hingga komponen-komponen pendukung lainnya. Hal ini harus sangat diperhatikan, karena merupakan komponen yang sangat penting dalam perakitan komputer.
3.      Faktor-faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari suatu komponen komputer terhadap motherboard, hal ini dikarena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Berikut ini merupakan gambaran singkat mengenai proses konfigurasi komputer yang dapat dilakukan sebelum melakukan proses perakitan komputer.
Gambar 1.1 Proses Konfigurasi Komputer

  • Data/perintah akan masuk melalui peralatan input (input device). Data/perintah tersebut bisa dimasukkan langsung ke peralatan input ataupun melalui CCU.
  • Data/perintah itu kemudian dimasukkan ke dalam memori (tempat penyimpanan) kemudian dari sini data tersebut akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasil pengolah CPU ini akan dibawa lagi ke memori.
  • Dari memori hasil-hasil pengolahan CPU ini bisa dikeluarkan sebagai output/hasil melalui media output (Output Device) atau disimpan saja di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya.
  • Seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan-perhitungan dan lain-lain pekerjaan yang dilakukan oleh komponen/device-device komputer tersebut akan dikontrol oleh suatu alat yang kita sebut dengan Control Unit.
   B.    Komponen dan Alat
          Komponen dan alat dalam perakitan komputer sangat beraneka-ragam. Komponen dan alat-alat ini sangat diperlukan untuk mempermudah seseorang sebelum melakukan perakitan komputer. Komponen dan alat yang diperlukan sebelum melakukan perakitan komputer tersebut diantranya yaitu :
   1.      Komponen-komponen Dalam Perakitan Komputer
    a.  Power Supply : berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti  motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya 



   b. RAM : berfungsi untuk penyimpanan sementara semua data dari seluruh program hasil olahan komponen-komponen komputer yang sedang berjalan.


   c. Motherboard : berfungsi sebagai pusat penghubung antara semua perangkat keras komputer, sehingga komponen yang satu dengan yang lainnya dapat terhubung.
   d.  Processor : berfungsi sebagai otak untuk melakukan setiap proses yang dikerjakan oleh komputer melalui semua perintah yang diterima oleh CPU
   e. Hard disk : berfungsi sebagai media penyimpanan permanen pada komputer.
     f. CD/DVD Room : berfungsi sebagai wadah untuk meletakkan CD/DVD yang ingin diproses di dalam sebuah komputer.

     g.   LAN Card : berfungsi sebagai penghubung antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya.
      h.  Kipas Angin : berfungsi untuk mengatur aliran udara yang masuk di dalam casing supaya tetap dingin dan tidak cepat panas.

       i.     Heatsink : berfungsi untuk membantu proses pendinginan sebuah processor.
    j.    VGA : berfungsi untuk mengolah grafis dan nantinya menampilkan ke layar monitor.
    k. Card Reader : fungsi card reader ialah alat perantara untuk membaca kartu memori,yaitu  handphone/Camera Digital/PDA. Tetapi sebelumnya memory harus dilepaskan terlebih dulu kemudian dimasukkan ke dalam slot / multi slot lubang Card Reader.
    l.  Kabel IDE : digunakan untuk menghubungkan komponen pada hard disk dan mainboard. 
   m. Floppy Disk : Floppy disk atau Disket adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur, dilapisi lapisan persegi yang berbentuk persegi atau persegi panjang.
     n. Casing : berfungsi sebagai tempat Processor (CPU), Motherboard dan peranti2 yang lain dan melindungi komponen-komponen yang berada di dalamnya.
     o.  Kabel ATA : ATA merupakan singkatan dari Advance Technology Attachment. ATA merupakan antarmuka standar untuk menghubungkan piranti penyimpanan seperti hard disk, drive CD-ROM atau DVD-ROM di komputer. Kabel ATA mudah untuk diamati karena socket pada kabel ATA berbentuk lurus. Namun dengan seiring perkembangan jaman, penggunaan kabel ATA semakin berkurang dan digantikan dengan SATA.
    p. Kabel SATA : SATA didefinisikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total. Adapter dari serial ATA mampu mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ATA sederhana. Bentuk socket kabel SATA adalah “L”. Socket ini berfungsi untuk menghubungkan Disk Drive seperti Harddisk atau Optical Drive jenis SATA,Socket seperti ini biasanya terdapat lebih dari 1 tergantung dari jenis atau type motherboardnya.
    q. Port Fisik : merupakan soket atau slot atau colokan yang ada di belakang CPU sebagai penghubung peralatan input-output komputer. Pada port fisik ini terdapat beberpa bagian diantarnya yaitu: Port PS/2s, Port Paralel, LAN Port, Port Sound Card, Port Serial, Port VGA, Port USB, dll.
    r.  Mouse : merupakan alat/ perangkat yang digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau digunakan untuk memberikan perintah secara praktis dan cepat.
    s.  Keyboard : keyboard komputer Adalah salah satu bagian yang paling penting dari sebuah komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah, teks, data numerik dan jenis-jenis data dengan menekan tombol pada keyboard.
    t. Monitor : monitor komputer adalah sebuah media output/ alat pengeluaran berbentuk gambar visual yang berasal dari sinyal elektronik komputer.
    u.  Kabel power (untuk monitor dan power supply) : kabel ini berfungsi untuk menghubungkan power supply dan monitor ke aliran listrik.
     v. Kabel Monitor : Kabel yang digunakan untuk menyambungkan CPU dengan monitor.
     w. Stabilizer : alat yang berfungsi sebagai penyetabil tegangan. Alat ini terdiri dari beberapa komponen yaitu:
             -   Tranformator sebagai tranformasi tegangan atau mentransfer tegangan dari PLN ke beban
             -   Kapasitor sebagai penyimpan tegangan/penyuplai tegangan jika suatu waktu tegangan yang diambil 
                 dari beban sedang melonjak
             -   Dioda sebagai pengatur jalannya arus listrik.
             -   Sekering sebagai proteksi ketika terjadi hubungan singkat.
             -   LED sebagai lampu indikator.


       2.      Peralatan Pendukung Merakit Komputer
a.       Obeng plus (+)
           Obeng plus ini berfungsi untuk melepas atau mengencangkan baut atau skrup yang berbentuk seperti kembang.


b.       Obeng minus (-)
               Obeng minus berfungsi untuk untuk membuka baut yang berbentuk min dan bisa juga di gunakan untuk mencongkel sesuatu yang sulit di buka karena bentuknya yang pipih. Obeng in ini berbentuk pipih.


c.       Tang Buaya
            Tang adalah alat yang digunakan untuk mencengkram atau memegang komponen yang akan di buka dengan cara diputarkan bagiannya. Tang buaya ini biasanya dilengkapi dengan pengunci obyek yang di operasikan dengan cara memuntir pada bagian ujung tangkainya. Fungsi dari tang ini adalah untuk menjepit baut atau mur. 

d.       Pinset
            Pinset berfungsi untuk mencabut atau melepas jumper. Disamping itu alat ini juga digunakan untuk memegang komponen – komponen yang kecil.


e.       Pinset Bengkok
            Sama halnya dengan pinset pada point d. Pinset bengkok itu juga berfungsi untuk melepaskan jumper yang tidak dapat dijangkau dengan pinset biasa. Pinset ini digunakan untuk melepaskan jumper yang letaknya jauh didalam komponen-komponen.

CSTANDAR K3 PERAKITAN PC
               Dalam melakukan perakitan PC, terdapat beberapa ketentuan K3 (Keamanan dan Keselamatan Kerja) diantaranya yaitu:
       1.  APD (Alat Pelindung Diri)
                APD untuk keamanan dalam perakitan PC terdiri dari beberapa bagian diantaranya yaitu :
      a.       Gunakan Wearpack
                Wearpack ini merupakan pakaian pelindung tubuh secara keseluruhan untuk melindungi tubuh dari kecelakaan yang mungkin terjadi. Wearpack ini digunakan dalam perakitan PC dengan tujuan untuk melindungi tubuh dari sengatan listrik yang mungkin saja terjadi.
       b.    Gunakan sepatu sebagai pelindung
                 Sepatu ini digunakan sebagai pelindung kaki apabila kita bekerja di tempat yang banyak terdapat kabel yang berceceran. Disamping penggunaan sepatu, ada baiknya kita juga menggunakan alas kaki (kaos kaki), hal ini juga sebagai pelindung dari sengatan, jadi tubuh kita tidak akan mudah tersengat. Karena tubuh kita sebagian besar terdiri dari air sehingga kita akan mudah tersengat listrik. Untuk itu penggunaan alas kaki ini sangat berguna untuk melindungi dari sengatan tersebut. Berikut ini merupakan tips dalam memilih alas kaki yang dapat diterapkan dalam proses perakitan PC diantaranya yaitu:
            o   Gunakan sepatu yang nyaman di kaki, maksudnya adalah sepatu tersebut tidak akan  
                  menghambat gerak kita pada saat melakukan proses perakitan PC.
            o   Jangan memakai sepatu yang permukaannya licin, hal ini supaya kita tidak mudah 
                  tergelincir pada saat beraktivitas dalam proses melakukan perakitan PC.
         c.       Memakai Masker, Sarung tangan, Apron
                    Penggunaan masker, sarung tangan, apron ini sama halnya dengan penggunaan wearpack. Yaitu berfungsi untuk melindungi diri dari sengatan maupun kecelakaan kerja yang terjadi.

       2.    Tips K3 dalam Perakitan PC
                Dalam melakukan perakitan PC terdapat beberapa tips yang dapat diperhatikan untuk keamanan dan keselamatan dalam proses perakitan PC berlangsung. Tips-tips tersebut diantaranya yaitu:
-     Siapkan peralatan dan bahan-bahan sebelum memulai perakitan, agar seluruh kegiatan perakitan tidak terhambat pada kemungkinan kurangnya peralatan yang ada.
-     Dalam melakukan perakitan PC, hindari merakit dalam keadaan berkeringat entah itu tangan ataupun badan yang berkeringat. Hal tersebut dikarenakan apabila keringat tersebut menetes kebagian peralatan yang sedang kita dirakit lalu pada saat itu juga kita menyalakan power supply maka akan terjadi hubungan arus pendek dan aka merusak hasil rakitan PC yang telah kita lakukan.
-     Hindari memegang atau bahkan meyentuh langsung kaki prossesor yang ada termasuk chipset. Hal ini dikarenakan akan menimbulkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akan merusak komponen-komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini kita harus mengground-kan tubuh kita dengan cara memengang cassing saat tombol power dinyalakan (dihidupkan).
-     Matikan power supply pada setiap tahap perakitan sebelum menambahkan komponen yang baru. Karena apabila memasang komponen pada saat power supply dalam keadaan hidup akan merusak komponen yang akan di pasang dan komponen-komponen lainnya. 
-     Hindari pemasangan komponen hard disk dengan kasar, karena dapat merusak hard disk tersebut.
-        Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
-        Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.

       3.   Pertolongan Pertama pada Korban Akibat Sengatan Listrik


Berikut ini merupakan tata cara (pertolongan pertama) yang dapat dilakukan kepada 
korban akibat sengatan listrik, diantaranya yaitu:
a.       Segera bertindak dengan mematikan aliran listrik. Cabut steker,atau matikan sekring/MCB pusat.
b.      Jauhkan penderita dari sumber listrik. Untuk itu kita dapat menggunakan benda yang tidak bisa mengantarkan listrik. Gunakan misalnya, sarung tangan karet yang kering (air juga dapat mengantarkan listrik), atau tongkat sapu. Apabila tidak ditemukan alat-alat tersebut, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan menendang korban agar aliran listrik ada tubuh korban dapat dilepaskan.
c.       Setelah itu, segera pindahkan korban ke tempat aman serta bersirkulasi udara lancar. Baringkan korban lalu evaluasi kesadaran penderita apakah sadar atau tidak, serta periksa denyut nadi dan pernapasannya.
d.      Periksa denyut nadi di lehernya. Jika tidak ada tanda-tanda setelah 5 detik, tekan dadanya sebanyak 5 kali dengan kedua telapak tangan Anda –telapak tangan kiri berada di atas dada dan yang lain di atas punggung tangan kiri. Pastikan posisi tangan Anda berada satu garis dengan putingnya. Periksa lagi. Jika tetap tidak ada. Ulangi hal yang serupa.
e.       Untuk pernapasan buatan, mungkin karena pertimbangan tertentu, bisa tidak dilakukan lewat mulut. Pembuatan nafas buatan boleh disalurkan lewat hidung korban. Bila penderita masih bernapas dengan normal baringkan dengan posisi sisi mantap. Yaitu miringkan penderita ke sisi kanan, tangan kiri penderita letakkan di pipi kanan. Hal ini dilakukan supaya penderita bisa bernapas spontan (tidak tertutup oleh lidah ). Untuk pembuatan nafas buatan teknik yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut ini:
-          Pertama, telentangkan korban, lalu tekuk kepalanya ke belakang.
-          Kemudian, anda buka mulut, tarik napas kuat-kuat, baru tutup mulut.
-          Kemudian tiupkan udara ke mulut korban sekuat-kuatnya sampai rongga paru-paru terangkat.
-          Ketika melakukannya, jangan lupa tekan hidung korban supaya udara yang anda tiupkan tidak keluar. Sebisa mungkin, segera lakukan pernapasan buatan ketika korban tersengat. Tiga sampai empat kali pernapasan buatan awalan akan sangat membantu korban. Jika korban adalah anak kecil, dibutuhkan lebih banyak lagi pernapasan buatan, sampai 20 kali dalam semenit.
f.       Bila mengalami luka bakar, segera berikan pertolongan pertama dengan cara menutupi titik luka bakar yang terjadi akibat masuk dan keluarnya arus listrik pada tubuh karena bisa mempercepat pengurangan cairan dalam tubuh. Gunakan kain, perban atau benda apapun yang bersifat tidak mengantarkan panas. Kemudian segera dilarikan ke dokter.

Hal diatas dapat dilakukan apabila kita memiliki ketrampilan ataupun pengalaman dalam menangani korban yang terkena sengatan listrik. Akan tetapi apabila kita belum menpunyai pengalaman dalam melakukan pertolongan kepada korban yang terkena sengatan listrik maka sebaiknya kita tidak mencoba menyelamatkan korban tersebut, dan ada baiknya kita memanggil orang yang berpengalaman atau bahkan dokter. Hal tersebut dikhawatirkan apabila kita yang menyelamatkannya kondisi korban akan semakin parah.


Untuk menyimpan resume tentang Persiapan dan Kebutuhan Dalam Melakukan Perakitan 
Komputer diatas ini click here

Untuk melihat video proses Persiapan dan Kebutuhan Dalam Melakukan Perakitan 
Komputer  click here





Share this article :

3 komentar:

  1. artikel yang sangat bermanfaat bagi kami yang baru belajar tentang cara merakit komputer...

    BalasHapus
  2. Disini aku mau Sharing aja ya
    Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
    Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
    untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
    ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
    selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
    banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
    yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
    MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    BalasHapus
  3. If you're attempting to lose weight then you need to start following this brand new custom keto meal plan.

    To design this keto diet, certified nutritionists, personal trainers, and chefs have joined together to develop keto meal plans that are productive, decent, economically-efficient, and satisfying.

    From their first launch in 2019, thousands of individuals have already transformed their figure and well-being with the benefits a smart keto meal plan can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones provided by the keto meal plan.

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2011. Indrie's Site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger