Orang boleh pandai setinggi Langit, tapi selama ia tak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat (Pramoedya Ananta Toer)

Keamanan di Lingkungan Kampus

Sabtu, 08 Juni 2013

Keamanan di Lingkungan Kampus       
* Indri Widyarti
       Keamanan merupakan suatu hal  yang sangat krusial dimanapun kita berada. Tidak hanya dilingkungan tempat kita tinggal, di lingkungan tempat kita belajarpun keamanan merupakan suatu hal yang sangat penting, karena keamanan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kuantitas sebuah perguruan tinggi di mata masayarakat, karena masyarakat selain menilai suatu kampus dari segi kualitas, juga dari segi kuantitasnya yaitu keamanan. Untuk mewujudkan ssesuatu yang diharapkan tersebut peran serta dari pihak perguruan tinggi sangat dibutuhkan. Dengan memperbanyak petugas keamanan dilingkungan kampus sudah tentu merupakan suatu solusi yang diberikan untuk suatu  sistem keamanan yang sangat diharapkan, akan tetapi dengan banyaknya petugas keamanan yang disebar diseluruh fakultas dan disetiap pintu masuk kampus nampaknya tidak akan berjalan efektif apabila semua warga di suatu kampus tidak saling bekerjasama dengan baik.

Selain itu, kemudahan akses untuk keluar masuk kampus merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keamanan di lingkungan kampus. Ditambah lagi dengan adanya pemulung, pengemis, dan  masyarakat luar yang dengan mudah masuk dan berkeliaran di lingkungan kampus tanpa adanya sanksi atau ketegasan dari petugas keamanan bisa menjadi faktor yang mengancam keamanan dilingkungan kampus.
Untuk menanggulangi itu semua, solusi yang bisa diberikan adalah dengan kesadaran dari setiap individu terlebih dahulu, lalu ketegasan dari pihak-pihak atas untuk menanggulangi itu semua. Misalnya dari pihak kampus dengan memberikan fasilitas untuk menunjang keamanan, seperti : pemasangan kamera CCTV yang diletakkan pada semua sudut (titik rawan kampus), melakukan pembatasan oleh petugas keamanan  kepada masyarakat luar yang keluar masuk lingkungan kampus, menambah petugas keamanan dan membuat sistem pemeriksaan keliling pada malam hari maupun siang hari oleh petugas keamanan,sehingga kondisi lingkungan kampus tetap terjaga.
Disamping itu juga dibutuhkan suatu ketegasan dari pihak universitas maupun  fakultas kepada petugas keamanan mengenai prosedur kerja dan memberikan sanksi bagi petugas keamanan yang melanggar, sehingga para petugas keamanan tidak bekerja semau mereka dan mereka jga tidak melakukan kegiatan lain (misalnya menonton televisi) disaat jam bekerja sementara setiap kendaraan yang lalu-lalang tidak dihiraukan dan setiap petugas keamanan sebaikknya dibekali dengan ilmu-ilmu yang bersifat persuasive agar dalam penerapan ke masyarakat dan mahasiswa akan baik dan lugas.Hal tersebut dilakukan selain untuk melatih sifat displin mereka juga demi keamanan lingkungan kampus bersama.
Hal yang juga bisa dilakukan untuk menanggulagi dampak dari kurangnya sistem keamanan kampus adalah dengan pembuatan karcis masuk kampus serta wajib menunjukkan  Surat Tanda Kenderaan Bermotor (STNK) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) setiap keluar dari pintu gerbang kampus. Dengan cara tersebut, diharapkan kasus kehilangan kendaraan bermotor yang pernah terjadi dapat dihindari. Selain itu bisa juga dengan membuat ID Card Secure untuk pegawai dan karyawan kampus dan Secure-KTM untuk mahasiswa, yang digunakan atau ditunjukkan setiap akses keluar masuk kampus.



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. Indrie's Site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger